Apa Fungsi Utama Zat Besi Bagi Tubuh Kita?

Image result for zat besi

Zat besi adalah mineral penting bagi tubuh. Manfaat zat besi terutama untuk membawa oksigen ke sel-sel darah. Tidak dapat dipungkiri bahwa zat besi memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Manfaat zat besi yang utama yaitu berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan serta menjaga kesehatan tubuh.

Mungkin akan timbul pertanyaan dalam benak Anda, mengapa tubuh kita memerlukan Zat Besi? Apa saja manfaat Zat Besi bagi tubuh Anda? Zat Besi juga merupakan komponen penting dari Hemoglobin yaitu zat dalam sel darah merah yang bertugas untuk membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Sebaliknya, kekurangan zat besi akan membuat tubuh kita merugi, karena dapat menyebabkan penyakit-penyakit seperti anemia defisiensi besi, anemia kronis, gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak.

Mari kita ketahui apa saja fungsi zat besi bagi tubuh kita dan penjabarannya.

  1. Pembentukan Hemoglobin.

    Ini adalah fungsi dan manfaat zat besi yang paling utama.Hemoglobin sangat penting dan selalu diproduksi oleh tubuh karena manusia cenderung kehilangan darah melalui berbagai sebab seperti hancurnya sel darah merah karena memang sudah saatnya rusak, melalui luka, baik luka dalam maupun luar. Terutama, pada wanita akan banyak kehilangan darah setiap bulan selama periode menstruasi , itulah kenapa perempuan lebih berisiko menderita anemia dibandingkan laki-laki. Jika seseorang kekurangan zat besi sehingga hemoglobin menjadi rendah maka dapat menyebabkan anemia difisiensi besi.

  2. Fungsi Otot.

    Manfaat Zat besi sangat penting bagi kerja otot, karena zat besi merupakan unsur penting yang ada pada otot yang berupa mioglobin. Mioglobin mengangkut oksigen dari hemoglobin dan berdifusi ke seluruh sel-sel otot. Tanpa Zat besi, otot akan kehilangan kekuatan dan elastisitasnya; sehingga kelemahan otot adalah salah satu tanda yang paling jelas dari anemia akibat kekurangan zat besi.

  3. Fungsi Otak.

    Peningkatan perkembangan otak juga merupakan salah satu dari sekian banyak manfaat zat besi. Karena pasokan oksigen dalam darah dibantu oleh besi dan tentunya ini sangat penting karena otak menggunakan sekitar 20% oksigen darah. Dengan demikian zat besi secara langsung berhubungan dengan kesehatan dan fungsi otak. Hal ini akan menunjang aktivitas kognitif dan membantu untuk menciptakan jalur saraf baru untuk mencegah gangguan kognitif seperti demensia dan penyakit Alzheimer. Oleh karena bagi mereka yang terpenuhi kebutuhan zat besinya, juaga akan lebih mudah untuk konsentrasi.

  4. Membawa Oksigen.

    Zat besi berfungsi sebagai pembawa oksigen dan berperan dalam mentransfer oksigen antar sel  sehingga oksigen dapat diistribusikan ke seluruh tubuh untuk menjamin fungsi-fungsi organ berlangsung dengan semestinya.

  5. Pengaturan Suhu Tubuh.

    Zat besi adalah fasilitator penting untuk mengatur suhu tubuh. Menjaga suhu tubuh tetap stabil akan memungkinkan proses enzimatik dan metabolisme dapat terjadi dengan optimal pada suhu yang sesuai.

  6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh.

    Zat besi berperan penting dalam pembentukan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit dan infeksi. Kekurangan zat besi menyebabkan tubuh mudah terserang penyakit.

  7. Membantu Metabolisme.

    Zat besi juga berperan dalam metabolisma energi dalam tubuh, dimana energi yang diekstrak dari makanan yang dikonsumsi akan didistribusikan ke seluruh tubuh.

  8. Mencegah dan Menyembuhkan Anemia.

    Kekurangan asupan zat besi dari makanan dapat menyebabkan anemia (kurang darah). Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit anemia.

  9. Membantu Pembentukan Enzim.

    Zat besi merupakan komponen penting penyusun beberapa jenis enzim dan bahan penting lainnya dalam tubuh seperti myoglobin, cytochrome dan katalase.

Seperti yang telah disebutkan dan dijelaskan diatas. Fungsi zat besi untuk tubuh sangatlah banyak dan penting. Dan tanpa kecukupan zat besi, seluruh tubuh akan mengalami penurunan fungsi yang bisa berakibat fatal.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo